Fenomena Artis Jadi Pemimpin

Setelah Rano Karno berhasil menjadi Wakil Bupati Tangerang. Kini Dede Yusuf berpeluang menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat, setelah Dede dan pasangannya, Ahmad Heryawan sementara unggul dari 2 pasangan lainnya.

Rano Karno yang terkenal sebagai Si Doel, dikenal sebagai sosok yang baik dalam film dan sinetron2nya. Hal tersebut memudahkan pemilih untuk menjatuhkan pilihan pada saat mencoblos. Karena sosoknya yg terkenal, masyarakat lebih melihat pada figurnya daripada partai yang mendukungnya.

Begitu pula dengan Dede Yusuf yang merupakan salah satu aktor yang lahir dari televisi. Perannya yang menjadi manusia yang arif, penolong, baik hati, alim, atau ”Pramuka tulen” itu selama dekade 1980-an hingga 1990-an menjadi sosok yang memenuhi mimpi masyarakat Indonesia yang menderita. Tidak heran, anak laki-laki yang lahir di era itu, dinamakan Dede Yusuf dengan harapan anak itu kelak menjadi manusia seperti Dede Yusuf yang tergambar di sejumlah sinetron. Iklan Bodrex yang diperankan oleh Dede Yusuf juga menjadi kunci keunggulan, karena masyarakat sering melihat iklannya, baik di media elektronik maupun media cetak.

Kemenangan Rano Karno dan (insya Allah) Dede Yusuf, kemungkinan besar, sebagai wakil kepala daerah di Tanggerang dan Jawa Barat, menjadi salah satu bukti bahwa masyarakat Indonesia yang miskin sangat mempercayai televisi sebagai ruang mimpi mereka. Mereka seakan percaya, apa yang diperankan Rano Karno dan Dede Yusuf di televisi lebih menjanjikan dibandingkan peran para politisi atau mantan pejabat yang dibesarkan partai politik dan birokrasi.

Jadi, meskipun dua contoh aktor itu masih terlalu minor, tampaknya masyarakat Indonesia telah memiliki mitos baru mengenai pemimpinnya. Sama seperti pada masyarakat tradisional yang memitoskan turunnya ”Ratu Adil”.

Bila fenomena ini terus berlanjut, bisa jadi presiden Indonesia 2009-2014 bukan lagi praktisi politik yang sudah malang melintang, melainkan artis-artis yang banyak menyuarakan penderitaan rakyat seperti Iwan Fals atau Dedy Mizwar.